21/04/12

Soal Latihan Ujian PROMOSI JASA PERPUSAKAAN

TUGAS MANDIRI PROMOSI JASA PERPUSTAKAAN (PUST2254)

PETUNJUK: UNTUK SOAL NOMOR 1 SAMPAI 14, PILIHLAH SATU JAWABAN YANG PALING TEPAT!
1. Kegiatan yang dilakukan penjual untuk membujuk agar menerima atau membeli produk yang ditawarkan dikenal dengan istilah
A. pemasaran. B. promosi. C. iklan. D. publikasi.

2. Segala bentuk penyajian dan promosi yang dibayar oleh sponsor dikenal dengan istilah
 A. pemasaran. B. promosi. C. iklan. D. publikasi.

3. Usaha yang dilakukan oleh penjual untuk membujuk pembeli agar menerima suatu produk disebut
A. pemasaran. B. promosi. C. publikasi. D. iklan.

 4. Kegiatan promosi mempunyai beberapa tujuan, kecuali
A. untuk menarik perhatian. B. untuk menciptakan kesan. C. untuk melaksanakan salah satu fungsi manajemen. D. untuk memperoleh tanggapan.

5. Kedudukan Perpustakaan Nasional sesuai dengan Kepres No. 11 Tahun 1989 adalah
A. setingkat Inspektorat Jenderal. B. setingkat Kepala Biro. C. setingkat Derektorat Jenderal. D. Non departemen setingkat departemen.

6. Dalam melakukan promosi layanan, perpustakaan yang menghadapi tantangan paling berat adalah Perpustakaan
 A. Nasional. B. Perguruan Tinggi. C. Umum. D. Sekolah.

 7. Pusat layanan disiplin ilmu dalam bidang pertanian dipusatkan di perpustakaan
 A. IPB. B. UI. C. UGM. D. UNAIR.

8. Dalam kegiatan promosi layanan ada beberapa kendala dari dalam perpustakaan antara lain
A. pandangan tradisional bahwa perpustakaan hanya sebagai gudang buku. B. kurangnya komitmen dari pimpinan dalam mendukung perpustakaan. C. lemahnya manajemen organisasi. D. pengguna yang jarang ke perpustakaan.

9. Meskipun seri brosur mempunyai informasi yang berbeda-beda sesuai dengan peruntukannya, tetapi ada informasi tertentu yang harus sama yaitu informasi tentang
A. jenis layanan perpustakaan. B. koleksi perpustakaan. C. alamat lengkap perpustakaan. D. jumlah staf perpustakaan.

10. Apabila Anda diserahi untuk membuat brosur, maka Anda harus berfikir bahwa Anda adalah A. pengguna perpustakaan yang akan membaca brosur. B. staf perpustakaan yang bertugas melayani pengguna. C. pimpinan perpustakaan yang mengetahui segala informasi. D. pencetak brosur yang tahu akan suatu cetakan.

11. Media yang digunakan untuk memberi informasi khusus kepada sejumlah orang secara teratur berupa berita atau artikel yang ditulis dengan gaya tidak formal disebut
 A. brosur. B. news-letter. C. poster. D. pamflet.

12. Didalam melakukan kegiatan bercerita, buku cerita yang dipakai sebaiknya berasal dari A. Si pembawa cerita. B. koleksi yang dimiliki perpustakaan. C. koleksi anak-anak. D. buku koleksi siapa saja.

 13. Kegiatan mendongeng biasanya dilakukan oleh Perpustakaan A. Umum. B. Khusus. C. Nasional. D. Sekolah.

14. Tujuan dari display internal adalah
A. menarik pengguna baru. B. memperluas layanan perpustakaan. C. memperluas ruang lingkup perpustakaan. D. mengurangi sifat monoton dari jajaran buku-buku.

 PETUNJUK: UNTUK SOAL NOMOR 15 SAMPAI 26, PILIHLAH! A. JIKA PERNYATAAN BENAR, ALASAN BENAR, DAN KEDUANYA MERUPAKAN HUBUNGAN SEBAB! B. JIKA PERNYATAAN BENAR, ALASAN BENAR, TETAPI KEDUANYA BUKAN MERUPAKAN HUBUNGAN SEBAB! C. JIKA PERNYATAAN BENAR, ALASAN SALAH, ATAU JIKA PERNYATAAN SALAH ALASAN BENAR! D. JIKA PERNYATAAN DAN ALASAN KEDUANYA SALAH!

15. Promosi merupakan kegiatan penting dalam suatu usaha
 sebab
Dalam dunia perdagangan promosi adalah usaha untuk memajukan dan meningkatkan barang yang akan dijual.

16. Dalam melaksanakan kegiatan promosi, faktor minat pemakai harus diperhatikan.
sebab
 Pengetahuan tentang minat pemakai akan membantu perpustakaan memberi informasi yang tepat bagi pengguna.

 17. Pertambahan koleksi Perpustakaan Nasional RI sangat pesat, salah satunya karena adanya undang-undang deposit.
sebab
Undang-undang deposit mewajibkan tiap publikasi yang diterbitkan di Indonesia harus diserahkan dan disimpan di Perpustakaan Nasional RI.

18. Pustakawan yang bekerja di perpustakaan umum yang paling banyak mendapat tantangan dalam hal pemasaran dan promosi jasa perpustakaan
. sebab
 Pustakawan di perpustakaan umum harus melayani lapisan masyarakat yang mempunyai profesi dan karakteristik beragam.

19. Perpustakaan perguruan tinggi adalah perpustakaan yang berada di bawah pengawasan dan dikelola oleh perguruan tinggi.
 sebab
Pengguna perpustakaan perguruan tinggi adalah semua Sivitas Akademika di perguruan tinggi itu.

 20. Koleksi perpustakaan perguruan tinggi pada umumnya lebih baik dibandingkan dengan jenis perpustakaan lain.
 sebab
Perpustakaan perguruan tinggi mempunyai jaringan kerjasama dengan instansi lain.

 21. Perpustakaan yang berada di bawah naungan sebuah perusahaan termasuk perpustakaan khusus.
sebab
Perpustakaan khusus merupakan perpusta-kaan yang berfungsi sebagai pusat referal dan penelitian.

22. Poster harus mempunyai tema yang sangat spesifik.
sebab
Poster yang menyampaikan pesan terlalu umum tidak akan efektif.

 23. Dalam merancang pembatas buku, hal-hal yang perlu diperhatikan adalah memilih kata-kata yang singkat, tepat dan padat.
sebab
Pembatas buku dapat digunakan sebagai media promosi di perpustakaan.

24. Pameran adalah salah satu bentuk kegiatan yang dapat dilakukan perpustakaan untuk menarik perhatian orang banyak.
sebab
 Kegiatan pameran perpustakaan dimaksudkan untuk menampilkan apa yang dimiliki dan dilayankan oleh perpustakaan.

25. Lomba-lomba yang diadakan oleh perpustakaan dengan tema menyangkut promosi perpustakaan akan bermanfaat dalam meningkatkan mutu layanan.
sebab
Perpustakaan dapat menyelipkan pesan-pesan promosi perpustakaan melalui media yang dilombakan.

26. Banyak perusahaan swasta yang menghabiskan dana besar untuk membangun citra yang positif bagi perusahaannya.
sebab
Citra positif bagi suatu perusahaan merupakan salah satu faktor yang mendukung kepercayaan konsumen.

PETUNJUK: UNTUK SOAL NOMOR 27 SAMPAI 45, PILIHLAH! A. JIKA 1) DAN 2) BENAR! B. JIKA 1) DAN 3) BENAR! C. JIKA 2) DAN 3) BENAR! D. JIKA 1), 2), DAN 3) SEMUANYA BENAR!

27. Ada beberapa kaidah yang perlu diperhatikan dalam meraih posisi produk antara lain
1) memahami lingkungan 2) mencari sasaran yang tepat 3) bereksperimen

 28. Dalam upaya meraih posisi pasar ada hal-hala yang perlu dilakukan yaitu
1) memanfaatkan komunikasi dari mulut ke mulut 2) membina infrastruktur pasar 3) memahami lingkungan

29. Dalam konsep pemasaran, usaha-usaha yang dilakukan dalam meraih posisi pasar yaitu
1) memanfaatkan komunikasi dari mulut ke mulut 2) membina infrastruktur pasar 3) bersedia bereksperimen

30. Kegiatan promosi mempunyai beberapa tujuan yaitu untuk
1) menarik perhatian 2) menciptakan kesan 3) memperoleh tanggapan

31. Tujuan promosi perpustakaan adalah
 1) memperkenalkan fungsi perpustakaan 2) mendorong minat baca masyarakat 3) memperkenalkan pelayanan dan jasa perpustakaan

32. Usherwood mengingatkan bahwa didalam melaksanakan kegiatan promosi mempunyai beberapa tujuan yaitu
1) memperkenalkan fungsi perpustakaan 2) mendorong minat baca masyarakat 3) memperkenalkan pelayanan dan jasa perpustakaan pada masyarakat

33. Menurut Usherwood dalam melaksanakan kegiatan promosi ada beberapa faktor yang harus diperhatikan yaitu
1) motivasi pemakai 2) minat pemakai 3) latar belakang pemakai

34. Fungsi dari Perpustakaan Nasional RI antara lain
1) melaksanakan penyusunan naskah bibliografi nasional 2) menyusun katalog induk nasional 3) melaksanakan pembinaan atas semua jenis perpustakaan

35. Pengguna perpustakaan perguruan tinggi adalah
1) mahasiswa 2) dosen 3) peneliti

36. Perpustakaan khusus merupakan perpusta-kaan
1) yang berfungsi sebagai pusat referal dan penelitian 2) yang berada di bawah naungan sebuah perusahaan 3) yang berada di suatu departemen

37. Untuk memperbanyak media promosi perpustakaan berupa news - letter, dapat dilakukan dengan cara 1) fotocopy 2) stensil 3) percetakan

 38. Langkah-langkah yang perlu diperhatikan dalam membuat brosur adalah
 1) menetapkan cakupan informasi 2) merancang format 3) mencari percetakan yang sudah terkenal

 39. Agar brosur efektif, ada beberapa informasi penting yang dapat dimasukkan dalam brosur antara lain
 1) informasi tentang jenis layanan perpustakaan 2) petunjuk umum tentang perpustakaan 3) informasi mengenai koleksi perpustakaan

 40. Pembuatan poster biasanya menggunakan kertas ukuran
1) A4 2) A3 3) A2

41. Dalam merancang pembatas buku hal-hal yang perlu diperhatikan adalah
1) kata-kata singkat 2) rancangan menarik 3) bahan kuat

 42. Dalam menyelenggarakan sebuah pameran memerlukan perencanaan sebagai berikut
1) di mana pameran akan dilakukan 2) tema apa yang akan dipamerkan 3) kapan mulai pelaksanaan

43. Yang perlu diperhatikan dalam menentukan penceramah adalah
1) kompetensi seorang penceramah atas materi yang akan disampaikan 2) kemampuan berceramah 3) harus orang terkenal

 44. Berbagai kegiatan dalam rangka promosi perpustakaan antara lain
1) bercerita 2) bazar 3) wisata perpustakaan

 45. Beberapa masalah yang mungkin timbul dengan adanya sistem display adalah
1) bila yang dipajang tidak terdapat di rak 2) pengguna harus memesan dulu buku yang dipajang 3) buku-buku yang dipajang harus sering diganti

Tidak ada komentar:

Posting Komentar